Sampingan

1. Pengertian Dari Tata Busana

Tata busana adalah bagian hal yang sangat penting,karena busana merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.Selain itu,tanpa busana manusia itu tidak akan hidup,dalam arti faktanyasecara mutlak, busana merupakan kebutuhan yang tak dapat dihindari.
Bahkan di era baru seperti saat ini,manusia……tepatnya seorang desaigner ingin berlomba-lomba untuk menciptakan/merancang busana sedemikian indahnya,baik itu busana casual,pesta,formal maupun nonformal,serta adat dan lain2nya.Karena mereka ingin memenuhi kebutuhan pasar atau khalayak secara luas.
Dan kebanyakan orang khususnya pada kalangan atas,sering membesarkan gengsinya……jadi mereka harus mengenakan busana yang belum pernah dipakai.Agar busananya lain dari yang lain mereka sering menggunakan jasa desaigner.

2. Bagian-bagian Busana Pentas

Secara garis besar kostum dapat dibedakan atau digolongkan menjadi lima kelompok yaitu : Busana dasar, busana kaki, busana tubuh, busana kepala dan perlengkapan-perlengkapan atau accessories.

a. Busana dasar
Busana dasar yaitu bagian dari busana yang entah kelihatan maupun yang tidak terlihat, gunanya untuk membuat indah pakaian yang terlihat. Busana ini juga untuk membuat efek yang diperlukan dalam sebuah pertunjukan. Busana ini bisa berbentuk korset, stagen, rok simpai atau busana untuk membuat perut gendut, pinggul yang besar atau untuk membuat pemeran tampak gemuk. Contoh yang paling sederhana yaitu pakaian badut.

b. Busana kaki
Busana Kaki yaitu busana yang digunakan untuk menghias kaki pemeran. Busana ini bisa terdiri dari kaos kaki, sepatu ( olah raga, periodisasi, klasik, modern, kesatuan atau seragam dan lain-lain), sandal (modern, tradisional, klasik, rakyat atau keratin) sepatu atau sandal dari suku atau Negara tertentu yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Gambar 8. Contoh beragam sepatu dan sandal dari berbagai Negara.

c. Busana tubuh atau body
Busana tubuh atau body yaitu busana yang dipakai tubuh dan  kelihatan oleh penonton. Busana ini meliputi blus, rok, kemeja, celana, jaket, rompi, jas, sarung dan lain-lain. Busana ini bisa pakaian tradisional dari suatu daerah, busana kenegaraan, busana modern atau busana fantasi yang diciptakan untuk tujuan pementasan dengan lakon tertentu.

d. Busana kepala
Busana Kepala yaitu pakaian yang dikenakan di kepala pemeran, termasuk juga penataan rambut. Corak pakaian kepala tentu saja tergantung dari corak busana yang akan dikenakan. Pakaian kepala dapat dimanfaatkan sebagai tanda atau pencitraan seorang pemain di atas pentas. Misalnya seorang raja ditandai dengan pemakaian mahkota, orang jawa dengan blangkonnya atau cowboy dengan topi laken. Gaya rambut juga kadang-kadang dimasukkan kedalam pakaian kepala meskipun ini termasuk bagian dari tata rias. Busana dan tata rias sangat erat kaitannya dengan melukiskan peranan hingga kedua hal tersebut perlu diperhatikan bersama.

e. Perlengkapan-perlengkapan/accessories
Accessories
yaitu pakaian yang melengkapi bagian-bagian busana yang bukan pakaian dasar atau yang belum termasuk dalam busana dasar, busana tubuh, busana kaki dan busana kepala. Pakaian ini ditambahkan demi efek dekoratif, demi karakter atau tujuan-tujuan lain. Misalnya kaos tangan, perhiasan, dompet, ikat pinggang, kipas dan sebagainya.
Selain accessories ada juga yang disebut dengan properties yaitu benda atau pakaian yang berguna untuk membantu akting permainan. Perbedaan antara accessories dan properties tidaklah begitu jelas, seringkali yang sedianya untuk properties tetapi kemudian berubah menjadi accessories begitu juga sebaliknya. Umpamanya, dompet yang dibawa oleh seorang pemeran hanya untuk melengkapi efek kostum adalah accessories, tetapi bila dompet tersebut digunakan untuk membantu akting maka dompet tersebut menjadi properties. Kemudian mantel dan topi yang harus ada pada tempatnya bila adegan mulai, atau yang dibawa oleh pelaku lain, ini dipandang sebagai properties, tetapi kalau mantel dan topi itu digunakan oleh pelaku maka ini disebut sebagai kostum. Jadi suatu accessories yang dikenakan oleh pemeran apabila tidak digunakan untuk membantu acting permainan maka tetap disebut sebagai accessories tetapi kalau barang itu digunakan untuk membantu permainan maka disebut dengan properties. Begitu juga dengan busana kalau tidak digunakan untuk main maka disebut sebagai properties tetapi kalau digunakan pada waktu permainan maka disebut sebagai kostum.

3. Cara Memakai Jilbab / Hijab Modis Dan Modern Mudah Terbaru

 Buat ukhti muslimah, kali ini Fahriemje akan membahas mengenai cara berhijab atau cara memakai hijab biasa di bilang cara memakai jilbab modern yang lagi trend saat ini.Atau dalam arti kata lain kami akan share mengenai cara memakai kerudung modern yang akan membuat anda tampil semakin modis dengan nuansa islami. Sebagai muslimah anda gak usah takut dibilang kuno karena memakai jilbab alias berhijjab, malah saat ini semakin banyak wanita muslimah yang memakai jilbab. Selain di tuntut agama berjilbab juga akan mebuat anda nyaman dan anggun. karna kecantikan anda akan terlihat natural. Model alias style berjilbab yg lagi ngetrend bisa anda jadikan acuan untuk bergaya memakai kerudung/jilbab. diantaranya ialah model jilbab modern, segi empat, kreasi, shawl, paris serta pashmina. Dengan berbagai kreasi cara memakai jilbab terbaru yang modis dan modern ini semoga para generasi muda semakin giat melestarikan syariat akan tetapi tidak meninggalkan faktor modis dan modern dan semoga beberapa gambar kreasi terbaru cara memaki kerudung ini bisa membantu anda, selain gambar saya nanti juga akan memberikan beberapa video cara mengenakan jilbab terbaru yang saya dapatkan dari youtube . Gambar gambar cara memakai jilab modern terbaru ini saya dapatkan dari salah satu situs jual jilbab online yang beralamat di http://www.scarfsweethoney.com dan beberapa sumber yang lain..

Baca Selengkapnya di: http://fahriemje.blogspot.com/2012/06/cara-mudah-memakai-jilbab-modis-dan.html
Copyright http://fahriemje.blogspot.com/ Terimakasih n Sembah nuwun telah menyebar luaskan artikel ini.

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s